Kamis, 18 Agustus 2016

Penyebab, Mengatasi Dan Menghilangkan Ketombe Pada Kucing

Ketombe terjadi pada kucing karena kondisi kulit bersisik dan kulit mati yang terkelupas saat kucing menggaruk-garuk tubuhnya atau ketika menjilati badan mereka. anda tidak perlu khawati dengan ketombe yang ada pada bulu kucing anda karena bisa dengan mudah di atasi.


kucing berketombe


Kenyebab ketombe
pada umumnya ada beberapa sebab yang menyebabkan kucing berketombe, meskipun beberapa dari mereka memerlukan bantuan medis dari dokter hewan, namun sebagian besar penyebabnya dapat dia atasi dengan pengobatan rumah.

Penyebab ketombe pada kucing

Kurangnya nutrisi, banyak kucing yang berketome hanya karena gizi buruk, makanan yang tidak memilki jumlah gizi yang cukup seperti minyak O-mega bisa menyebabkan kulit kucing kesayangan anda kering. Kondisi bulu, kulit dan ekor kicing dapat menjadi indikator yang baik dari diet kucing.

Kelembaban, meskipun kucing tidak meminum air dengan jumlah yang banyak, tapi mereka membutuhkan kelembaban untuk menjaga tubuh mereka sehat. seelor kucing lokal biasanya mendapatkan air dari lingkungan mereka.

Kondisi kesehatan, kucing yang berketombe juga bisa menjadi tanda karena kondisi kesehatannya. beberapa di antaranya adalah :

Parasit                      : Kutu-kutu, tungau
Infeksi                      : Bakteri
Diabetes kucing       : Sebagian besar karena diet yang kurang tepat
Obesitas                   : Kelebihan jumlah lemak pada kulit
Alergi               : Alergi terhadap makanan, lingkungan atau juga pemicu lainnya
Sengatan matahari : Kucing yang terkena sengatan matahari dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit mereka kering dan ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kucing lucu anda berketombe.


Cara mengobati ketombe kucing


Cara pertama
Kutu kucing bisa menyebabkan dermantitis dan juga parasit yang bisa memicu masalah timbulnya ketombe. pariksalah kucing anda, apakah kucing anda terdapat kutu atau serangga yang lain pada bulu mereka. kalau terdapat kutu atau parasit lainya di kucing anda, temui dan kolsultasi segera sengan doktor hewan yang anda percaya.




Cara kedua
Memandikan kucing anda dengan shampo akan membuat kulit kucing kering dan ini bisa bermasalah timbulnya ketombe. jadi anda stop dulu memandikan kucing anda, karena kucing anda nanti bisa membersihkan diri mereka sendiri.

Cara ketiga
Beri kucing anda makanan yang mengandung lemak Omega 3, omega 3 berfungsi untuk membuat bulu kucing anda tetap sehat, anda bisa mengasih kucing anda ikan tuna, karena ikan tuna mengangandung omaga 3 dan kucing juga menyukai ikan.

Cara keempat
Separti yang telah saya katakan di atas, siabetes kucing juga bisa menyebabkan kucing lucu anda berketombe, jadi coba periksa kucing kesayangan anda ke doktor hewan kepaercayaan anda.

Cara kelima
Menyikat bulu kucing anda bisa membantu menghilangkan sel kulit mati pada bulu-bulu kucing dan juga dapat merangsang untuk memproduksi minyak di folikel-folikelnya.

Cara keenam
Sebelum menyadikan makanan pada kucing, anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam makanan kucing anda. aduk hinga rata dan sajikan ke kucing anda.


Sebaiknya anda langsung menangani masalah ketombe pada kucing anda sedini mungkin, karena respon yang kita lakukan pada waktu dini akan mencegah dari pada masalah yang lebih besar nantinya. berhati-hatilah terhadap serangan parasit yang terjadi pada kucing anda, karena parasit tersebut bukan hanya akan merusak keindahan bulu kucinga anda, tapi juga dapat menyebabkan kucing anda mati.


Semoga isi postingan ini bisa membantu anda damam menangani masalah ketombe pada kucing anda, sekian dulu postingan saya kali ini dan sampai jumpa di artikel lainnya yang tentu saja masih membahas tentang kucing.
Load disqus comments

0 komentar